WhatsApp

https://wa.me/6281293912345

"suka tanpawali duka"

Metallic Text Generator at TextSpace.net

Wednesday, August 11, 2010

Air Sehat

Share |

Tabanan - Bali,  ternyata air yang bersih itu belum tentu sehat lho? air yang dimasak dengan suhu 30 C (derajat Celsius) pun belum juga termasuk air yang sehat. Lha, trus? air yang kita minum itu seberapa sehat? Pertanyaan yang bagus kawan. Sastra pun jadi bingung dengan kondisi kadar kesehatan air saat ini, namun menurut badan kesehatan dunia di PBB yaitu WHO (world health organization) menyatakan air itu tergolong sehat dalam kadar kandungan partikelnya minimal 480ppm (partikel per mililiter). Artinya, air yang berada diatas kadar partikel itu sudah tidak layak minum. Bagaimana cara kita tahu? ya, tentunya dengan lebih rajin membaca tulisan yang ada dalam kotak air minum dalam kemasan, yang pastinya, kalau air yang dimasak dengan suhu panas tadi, itu tergantung dari bahan yang dipakai memasak, misalnya: bahan yang dipakai memasak itu adalah panci yang sudah lama, berwarna putih-putih, itu adalah sisa-sisa kaporit dalam air, sudah dapat dipastikan menjadi kadar yang lebih dari 480ppm.

Oke, lanjut lagi jika air dalam kemasan, itu dapat diukur dengan sebuah alat eletromagnetik, yang berfungsi mengangkat partikel-partikel logam tersebut ke permukaan air, menjadi terlihat dengan kasat mata (tidak perlu dengan mikroskop).

Jika tidak punya alat tersebut, tentunya, air dalam kemasan tadi adalah aman untuk diminum, karena sudah pasti berada pada kadar dibawah 480ppm. Jangan khawatir.

Namun, apakah itu dimaksud air sehat? hhmm...bingung sastra jawabnya. Yang pasti dapat diminum, namun alangkah baiknya, meminum air yang mendekati kadar partikel 'nol' (0). WOW gimana bisa ? tentu bisa, ada kok, tapi terutama air yang ada di daerah pegunungan, seperti air Danau Beratan, Danau Tamblingan, Danau Buyan dan Danau Batur. Juga air yang keluar dari mata air Ibu Pertiwi kita, juga di area pegunungan. Namun, di Bali, Pulau Dewata kita, ada mata air yang suci, di area Pantai Pura Tanah Lot, Tabanan. Juga dibeberapa Pura di pesisir pantai di Bali, ada mata air Suci yang berkadar 'nol' (0) ppm.

Di Bali yang paling terkenal adalah Air Suci yang berada di Desa Tampaksiring, kawasan Kabupaten Gianyar. Arah jalan menuju ke Gunung Batur dimana terletak Danau Batur juga. kawasan Air Suci tadi disebut Pura Tirtha Empul (mata Air Suci) Tampaksiring. Sastra tentunya sering berkunjung kesana, khususnya sambil memandu wisatawan luar negeri maupun domestik. Airnya 'nol' (0) ppm. Sangat sehat.

Apalagi Air Tirtha Empul, dipercaya membawa berkah kesehatan baik pikiran kalut, jiwa dan raga, semua dapat disegarkan kembali, bagai baru dilahirkan. Mau coba ? jangan sungkan untuk minta diantar kesana. Pura Tirtha Empul Tampaksiring.

Nah, bagaimana dengan air yang biasa kita konsumsi dirumah ? oke, kawan dapat usahakan memasaknya dengan wadah atau panci, atau teko air yang terbuat dari bahan stainless steel, tahan karat dan jangan dimasak terlalu lama. Cukup segera dimatikan begitu meluap.

Apa pentingnya minum air sehat?
nah ini dia, tentunya kita sadari bahwa, 89% dari tubuh kita ini dihidupi oleh Air, apabila air yang ada dalam tubuh kita kurang berkualitas, maka, terjadilah hal-hal yang tidak diinginkan sebagai berikut:
.cepat lelah
.kepala pusing
.sakit pinggang (ginjal kerja berat, karena air yang disaring oleh ginjal, banyak kotornya)
.kesemutan
.kurang semangat
.wajah lesu
.kulit kusam
dan banyak lagi rasa tidak nyaman akan timbul di tubuh kita.

8 gelas sehari atau 15 liter air sehat sangat membantu mencegah serangan penyakit dalam tubuh kita, lumayan kan ? lebih baik mencegah daripada mengobati ?


ini adalah Pura Tanah Lot yang tadi sastra sebutkan, pada gambar lampu-lampu dibawah itulah terdapat air suci, terasa sangat segar, sejuk, padahal dia muncul di laut. Harusnya kan asin ya? hhmm...itulah Pulau Dewata - Bali tercinta. Telah menyediakan segala kebaikan alam untuk kita, manusia dan makhluk hidup lainnya, untuk kebahagiaan kita semua.

Maka dari itu, penting untuk kita kawan, menjaga tata irigasi air SUBAK Bali yang sudah ada, dengan menyebarkan informasi ini, kepada semua kawan-kawan, tidak peduli besar - kecil perjuangan kita dalam menginformasikan kawan-kawan, yang pasti, sekecil apapun pengorbanan itu, bernilai besar untuk kemajuan peradaban manusia khususnya di Pulau Dewata Bali.

Salam muda-mudi Subak Bali, suka tanpa wali duka

Selamat Ulang Tahun Pulau Bali ku tercinta
14 Agustus 2010
Selamat Ulang Tahun raga ku - Sastra tercinta -


No comments:

Post a Comment

"suka tanpawali duka"
(kebahagiaan abadi)